PELATIHAN PENERAPAN TEKNIK GRAPHIC ORGANIZER DALAM PENULISAN ESAI BAGI GURU BAHASA INGGRIS CALON GURU PENGGERAK

  • Moh. Hafidz STKIP PGRI Bangkalan
  • Maulana Yusuf Aditya
Keywords: graphic organizer, percaya diri, berfikir otentik, esai, sekolah penggerak

Abstract

Program guru penggerak adalah program pemerintah yang diminati oleh guru-guru di Kabupaten Bangkalan. Guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris sebagai mitra Prodi Pendidikan Bahasa Inggris megalami kesulitan dalam megikuti seleksi program tersebut, salah satu kesulitannya adalah ujian tulis esai seperti masalah menentukan objek yang akan ditulis, memulai menulis dan cara menulis sesuai kaidah akademik. Sebagai mitra, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris merekomendasikan beberapa dosen untuk melakukan pengabdian untuk mengatasi masalah mitranya, yaitu dengan mengadakan pelatihan penerapan teknik graphic organizer dalam penulisan esai dengan model brainstorming, outlining, drafting, editing, final drafting dan publishing. Dari model ini, guru-guru yang Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris dapat memecahkan persoalan utamanya, yaitu timbulnya kepercayaan diri dalam menulis, dapat mengintegrasikan antara pengalaman, kemapuan berfikir otentik dan keterampilan menulis esai sesuai dengan kaidah-kaidah akademik dan terstruktur.

References

Hafidz, M. (2021). The graphic organizer’s effect on the students’ writing achievement in argumentative paragraph. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 6(1), 11–17. https://doi.org/10.26905/enjourme.v6i1.5701
Kalmamatova, Z., Shamurzaev, A., Ysmailova, R., Belekova, K., Ahmadalieva, D., Sartbaeva, N., Bekmuratova, N., Moldoeva, Y., Kidiralieva, N., & Abdullaeva, Z. (2020). Graphic Organizers as Effective Methods in Teaching Classroom English. Open Journal of Modern Linguistics, 10(05), 459–467. https://doi.org/10.4236/ojml.2020.105027
Keputusan Mendikbud Ristek RI Tentang Program Sekolah Penggerak 2021. (n.d.).
Oshima Ann Hogue, A., Carlson, E., DiLillo, G., Edmonds, C., Le Drean Linda Moser, L., & Pullman, E. (2007). Introduction to Academic Writing THIRD EDITION. In Pearson Education Limited (p. 218).
Pratama, S., Rahmawati, I. N., Irfani, B., Gajah, S., & Lampung, M. B. (2017). Graphic Organizer as One Alternative Technique to Teach Writing. In Graphic Organizer as One Alternative Technique to Teach Writing (Vol. 10, Issue 2). https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU
Published
2022-07-21
Section
Articles